Cerita Kacamata Rayban Wayfarer dari Masa Ke Masa

Kacamata Rayban Wayfarer pertama kali di desain pada 1953 dan dibuat pada tahun 1955 dan ketika itu masih pada era keemasan model kacamata berbahan klasik, hal ini oleh rayban disebut sebagai rebellious design atau desain yang tidak mengikuti trend, sederhananya lebih tidak pasaran karena memang di era itu kacamata plastik sangat tidak diperhitungkan oleh market. Namun nasip tidak pernah ada yang tau, di era 1950 hingga 1960 ternyata wayfarer mampu menjadi salah satu kacamata yang diperhitungkan meskipun setelah tahun 1960 pada akhirnya harus memudar seiring waktu.

Bausch dan Lomb (BL) adalah perusahaan yang memproduksi Kacamata Rayban Original,sebelum wayfarer booming, ada satu farian abadi yang hingga saat ini menjadi legendanya kacamata yaitu Aviator penerbang atau yang kita kenal dengan seri 3026 BL dan RB. BL adalah kacamata aviator yang diproduksi sebelum tahun 2000, sedangkan RB sebutan untuk aviator yang diproduksi setelah tahun 2000, sedikit informasi, BL menjual perusahaannya kepada pengusaha asal italy yang kemudian mengganti signatur (Tulisan kecil di bagian lensa kiri, dari yang sebelumnya BL berubah jadi RB) . Dan perancang kacamata wayfarer serta rayban ialan Raymond Stegeman asal amerika serikat.

Trend kembali terjadi pada era 1980 - 1981 yang dipicu oleh munculnya Film jadul berjudul " The Blues Brothers " dan beberapa aktornya menggunakan wayfarer sebagai sunglassesnya didalam film, namun penjualan belum menanjak secara signifikan , karena yang terjual hanya 18.000 picis saja kala itu. maka BL sudah bersiap untuk menghantikan produksi wayfarer mengingat penjualan yang kurang menguntungkan bagi mereka. Kemudian nasip berkata lain, satu tahun sesudahnya ( 1982 ) , Pihak rayban  menandatangai kerjasama dengan  " Burbank " california yang meminta mereka menyediakan kacamata rayban untuk acara-acara televisi, dan berkembang ke produksi film,tidak kurang 60 film yang menggunakan kacamata rayban kala itu. Akhirnya rayban memahami konsep baru dengan terus menempatkan sebanyak mungkin rayban di acara dan event besar sekaligus artisnya.

Dan berikut adalah List kebangkitan wayfarer dimulai dari 1982.

Tom Cruise mengenakan Wayfarers di tahun 1983 dalam film  "Risky Business" yang menandai fenomena kebangkitan Ray Ban Wayfarers, 360.000 picis terjual di tahun yang sama. sebuah angka yang fantastis. Berlanjut terus menerus hingga pada tahun 1986 setelah membintangi film Miami Vice, Moonlighting, dan The Breakfast Club penjualan sudah menembus angka 1,5jt picis wayfarer. Kemudian mulailah kacamata ini naik tahta bahkan dikalangan musisi beken menggunakannya diantaranya adalah Michael Jackson, Billy Joel, Johnny Marr, Blondie Debbie Harry, Madonna, Depeche Mode, Elvis Costello,U2, Max Headroom, Jack Nicholson, Bret Easton Ellis, dan Don Henley.

Kemudian di 2008 Fil Twilight juga menjadi salah satu pemanas kembalinya trend kacamata wayfarer, karena hampir keseluruhan pemainnya menggunakannya, terlebih di beberapa adegan disekolah Edward Cullen menggunakanannya,Penyanyi pop Katy menggunakan wayfarrer sport di Video Clip "Teenage Dream", tidak ketinggalan Bruno Mars di Clip The Lazy Song.

Sebenarnya ada banyak sekali nama artis yang menggunakan kacamata rayban wayfarer, di beberapa fashion street blog juga banyak yang share. atau pinterest ada banyak sekali disana. Untuk era 2014 - 2015 semakin banyak saja penyanyi bule memakainya, seperti One direction dan lain lain.

Sekian dulu ulasan singkat perjalanan Kacamata Rayban Wayfarer dari masa ke masa, semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Kesimpulan : Apa yang bisa kita ambil dari kisah perjalanan rayban ? menurut versi pribadi penulis:




Never, Never, Never, Give Up.